Langsung ke konten utama

Manfaat E-Comerce Bagi Masyarat Indonesia

PASTI UNTUNG ! - Peran E-Commerce Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah



Perkembangan teknologi sekarang sudah tidak dapat dibendung lagi, tentu saja hal ini berpengaruh terhadap semua bidang kehidupan manusia terutama bisnis. Bisnis yang semakin hari semakin diminati yaitu berupa membentuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Seiring dengan perkembangan tersebut, usaha mikro, kecil, dan menengah dituntut untuk dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Persaingan akan muncul ketika banyak dari pelaku bisnis yang memberikan keunggulan produk yang dihasilkan. Dengan begitu, daya saing akan muncul dengan sendirinya dalam memperbaiki kualitas produk atau usaha yang didirikan.
Dengan adanya UMKM meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga membantu dalam penyerapan tenaga kerja sehingga bisa mengurangi pengangguran. Salah satu kunci keberhasilan usaha mikro, kecil dan menengah adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UMKM, disamping itu pelaku UMKM juga dituntut untuk semakin kreatif dalam memasarkan produknya. Namun demikian dalam mengembangkan UMKM terdapat masalah klasik yang dihadapi UMKM. Permasalahan klasik yang dihadapi oleh UMKM adalah pemasaran. Oleh sebab itu pelaku UMKM diharapkan bisa memperluas akses pasar dengan cara memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang bisa digunakan sebagai media komunikasi bisnis secara global.
Untuk mencapai suatu daya saing yang kuat maka dibutuhkan sebuah sistem yang mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari factor produksi dalam UMKM. Sistem ini disebuh dengan e-commerce, Electronic commerce (e-commerce) merupakan konsep yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang pada internet atau proses jual beli atau pertukaran produk, jasa, dan informasi melalui jaringan informasi termasuk internet. Pemanfaatan e-commerce bagi perusahaan kecil yaitu dapat memberikan fleksibilitas dalam produksi, memungkinkan pengiriman ke pelanggan secara lebih cepat untuk produk perangkat lunak, mengirimkan dan menerima penawaran secara cepat dan hemat, serta mendukung transaksi cepat tanpa kertas.
Berikut merupakan beberapa keuntungan jika sebuah UMKM menerapkan sistem e-commere di dalam usahanya, yaitu :
  • Terbukanya aliran pendapatan baru (Revenue Stream) 


Dengan adanya sistem ecommerce dapat memperluas jangkauan konsumen yang tentunya membuat aliran pendapatan baru yang masuk ke dalam UMKM. Yang mana pastinya mengingkatkan pendapatan yang di capai oleh suatu UMKM. Hal ini merupakan sesuatu yang lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional. Dimana ketika menggunakan model tradisional hanya akan terbatas pada suatu daerah saja.
  • Menurunkan biaya operasional(Operating Cost)


Sistem e-commerece mempermudah orang dalam melakukan transaksi, baik pelaku usaha UMKM dengan konsumen maupun dengan supplier atau pemasok barang yang digunakan untuk bahan di dalam kegiatan UMKM. Ketika menggunakan model tradisional pelaku usaha perlu untuk mendatangi supplier untuk meminta barang,  atau pengguna perlu untuk mendatangi tempat usaha untuk membeli barang, ketika menggunakan sistem e commerce hal tersebut tidak perlu di lakukan. Dengan menggunakan sistem ini tentu saja kan mengurangi biaya operasional yang sangat signifikan.
Dengan pengeluaran dana yang minim, perusahaan dapat dengan mudah dan cepat menemukan lebih banyak pelanggan, supplier yang lebih baik, dan rekan bisnis yang baru dan tepat dari seluruh dunia.

  •  Melebarkan jangkauan (Global Reach)


Sistem e-commerce memanfaatkan jaringan internet yang terhubung ke seluruh dunia, sehingga produk yang dihasilkan dapat di pasarkan dimana saja atau dapat memiliki konsumen dimanasaja di dunia karena jangkauannya yang bersifat global dan tidak terhalang oleh ruang. Asalkan konsumen memiliki koneksi intenet maka dapat melakukan pembelian terhadap produk.Hal ini merupakan hal baru yang tidak ditawarkan pada UMKM ketika menggunakan metode lama, kadang untuk mencari pelanggan saja susah ketika menggunakan sistem tradisional.

  • Meningkatkan kesetiaan pelanggan (Customer Loyalty)


Ketika menggunakan metode lama, mungkin saja consume kurang puas dengan pelayanan langsung yang diberikan oleh pelaku usaha. Belum lagi jika konsumen tersebut memiliki rumah yang jauh dengan tempat kita membuka usaha, tentu saja konsumen tersebut akan dengan mudah mencari pelaku usaha lain yang dapat memberikan kualitas layanan yang lebih baik. Dengan menggunakan sistem e-commerce, layanan kepada pelanggkan dapat dilakukan dimana saja, mudah dan cepat. Hal ini akan membuat konsumen lebih percaya dan setia untuk menggunakan produk yang kita produksi.
Layanan yang di maksud antara lain konsumen mampu mendapatkan gambaran produk atau informasi tentang produk yang kita pasarkan, dapat melakukan transaksi online yang tidak mengharuskan konsumen datang ke tempat usaha dan konsumen dapat mengetahui secara cepat jika ada barang baru yang dijual.

  • Meningkatkan manajemen pemasok (Supplier Management).

Ketika sebuah UMKM membuat suatu produk yang membutuhkan suatu barang yang mereka tidak dapat sediakan sendiri, maka mereka membutuhkan pihak yang menyediakannya yaitu supplier. Terkadang ada supplier yang sering mengambil untung terlalu banyak atau justru malah terkesan merugikan kita. Sistem e -commerce dapat membantu untuk menganalisa bagaimana tingkah supplier sehingga kita dapat memilih supplier mana yang cocok dan terbaik untuk usaha UMKM yang kita jalankan.



Selain manfaat e-commerce perusahaan atau UMKM ada juga beberapa keuntungan bagi konsumen antara lain:
1.E-commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain sepanjang tahun selama 24 jam sehari dari manapun.
2.E-commerce menyediakan pilihan lebih banyak kepada pelanggan, sehingga Ecommerce dapat membuat konsumen mendapatkan keperluannya dengan mengeluarkan biaya yang lebih rendah,karena konsumen yang berbelanja di toko cenderung mengeluarkan biaya lebih banyak karena tergoda untuk membeli barang-barang lain yang sebenarnya tidak diperlukan.
3.Pelanggan bisa mendapatkan informasi yang relevan dari detail produk dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.
4.E-commerce memberikan tempat bagi pelanggan yang satu untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di komunitas elektronik (electronic community) dan untuk bertukar pikiran serta berbagi pengalaman satu sama lain.
5.E-commerce memungkinkan tiap individu untuk bekerja di dalam rumah dan mengurangi perjalanan ke luar rumah untuk berbelanja. Hal ini berakibat menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
6.E-commerce memungkinkan sejumlah barang dijual dengan harga lebih murah, sehingga orang yang kurang mampu juga bisa membelinya dan akan meningkatkan taraf hidup mereka.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

VISUAL STUDIO LEMOT ? - Tips Dan Trik Meningkatkan Performa Visual Studio 2017

Merasa Visual Studio 2017 kamu super lemot ? atau sering not responding ketika membuat desain aplikasi di Visual Studio ?  hal ini memaksa kamu untuk menjadi orang super sabar di dunia. Tidak jarang kamu harus bekerja semalaman hanya untuk menunggui Visual Studio kamu, ketika melakukan coding dan tiba-tiba not responding dan Visual Studio mu tertutup, bagaimana dengan code yang sudah dengan susah kamu tuliskan menjadi hilang. Belum lagi ketika membuka Visual Studio lagi masih membutuhkan waktu yang lama, seperti nunggu jodoh aja ya.  Perangkat Keras Pastikan bahwa kamu memiliki spesifikasi komputer yang tidak berada di bawah minimum system requirements Visual Studio . Visual Studio memerlukan perangkat keras tertentu agar dapat menjalankan dengan lancar, tidak dapat pada sembarang perangkat. Misalkan Visual Studio akan berjalan sangat lama pada komputer lama. Jika anda berfikir untuk melakukan upgrade perangkat keras , Solid State Drive (SSD) akan memiliki efek...

Manfaat E-Comerce Bagi Masyarat Indonesia

PENDAHULUAN      Virus Corona atau COVID-19 muncul pertama kali pada bulan Desember 2019 di kota Wuhan kemudian ditetapkan sebagai pandemic oleh WHO ( World Health Organization ) pada bulan Maret 2020. Penyebaran COVID-19 di Indonesia sendiri meningkat sejak bulan November 2020 hingga awal tahun 2021, sehingga menyebabkan total terkonfirmasi positif menjadi 1.051.795 orang (kompas.com, 29 Januari 2021). Gambar 1 : grafik peningkatan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia. Sumber : CSSE Johns Hopkins University, Januari 2021      Dampak yang diakibatkan oleh COVID-19 mempengaruhi semua aspek kehidupan masyarakat, tidak terkecuali sektor ekonomi dan bisnis. Skala ekonomi perorangan, rumah tangga, usaha mikro kecil, menengah, besar bahkan multinasional yang dijalankan mengalami penurunan ( economic shock ) terutama bida...